Tarian Tradisional Jawa Barat ( Macam Macamnya + Video) Lengkap

Salah satu kesenian tradisional yang sampai saat ini masih dijaga dan dilestarikan adalah tarian tradisional Jawa Barat. Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang memiliki beragam kesenian dan pertunjukan yang perlu kita kenal serta lestarikan supaya tidak hilang ditelan zaman, ataupun tersingkirkan karena masuknya budaya-budaya barat yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.

Dengan adanya sanggar seni tari tradisional dapat dirasa cukup dalam membantu mempertahankan seni tarian  Jawa Barat ini. Meskipun demikian keberadaannya masih perlu didukung oleh seluruh elemen masyarakat juga pemerintah. Mulai dari pemerintah daerah setempat sampai pemerintah pusat. Berikut akan kita kenal tarian-tarian tradisional yang ada di Jawa Barat.

JenisTarian Tradisional Jawa Barat

Jenis tari tradisional dari Jawa Barat yang masih banyak dipelajari oleh masyarakat dan cukup terkenal adalah sebagai berikut:

  1. Tari Tarawangsa

Tari tarawangsa merupakan jenistari tradisional dari Jawa Barat yanghanya dapat ditemukan pada beberapa daerah saja di Jawa Barat, yaitu daerah Sumedang (Rancakalong), Cibalong, Cipatujah (Tasikmalaya Selatan), serta Banjaran (Bandung).

Alat musik yang pokok digunakan dalam tari tarawangsa terdiri atas alat musik tarawangsa atau dikenal juga dengan sebutan rebab jangkung serta jentreng yaitu alat musik yang mirip kecapi. Tarawangsa dimainkan oleh dua orang, satu orang pemain tarawangsa dan satu orang pemain jentreng. Semua pemain tarawangsa adalah laki-laki yang berprofesi sebagai petani dengan usia rata-rata 50-60 tahun.

Tari tradisional tarawangsa ini tidak terikat oleh adanya aturan pokok, kecuali gerakan yang dilakukan oleh Saehu serta penari wanita sebagai tanda penghormatan pada Dewi Sri. Dalam tari tarawangsa tidak hanya gerak fisik semata, tetapi juga berkaitan dengan kepercayaan si penari. Sehingga bukan sesuatu hal yang aneh jika penarinya sering mengalami trance (tidak sadarkan diri).

Para penari menari dengan teratur, pada awalnya tarian saehu/saman (oleh laki-laki), kemudian disusul oleh para penari perempuan. Mereka bertugas menurunkan Dewi Sri dan para leluhur. Lalu para penonton yang hadir di sekitar tempat pertunjukan juga ikut menari. Tari tarawangsa ini tergolong dalam kategori seni tari primitif.

  1. Tari Wayang

Jenis tarian tradisional Jawa Baratselanjutnya adalah tari wayang. Merupakan salah satu kesenian tari tradisional Jawa Barat yang mulai dikenal pada masa kesultanan Cirebon oleh Syekh Syarif Hidayatullah, lalu disebarkan oleh seniman keliling yang datang ke daerah Sumedang, Garut, Bogor, Bandung, serta Tasikmalaya.

Dikenal sebagai tari wayang karena para penarinya mengenakan kostum wayang serta melakukan gerak yang menggambarkan tokoh ataupun karakter wayang yang dikenal oleh masyarakat di Jawa Barat.

You May Also Like

aris rahman

About the Author: aris rahman

I am a writer a content website Alat Musik Bali

Leave a Reply